Pasti blog saya gak rame ?

Senin, 28 Februari 2011

Materi Kelas 7 : Pengatur Perangkat Komputer

Pengaturan posisi yang baik dan benar merupakan cara jitu dalam menghindarkan diri dari ketidak nyamanan, bahkan bisa meninggalkan gangguan kesehatan.

1. Tempat Kerja
          Mengatur komponen tempat kerja kita agar sesuai dengan kebutuhan merupakan faktor paling penting untuk mendapatkan kondisi kerja yang nyaman. Luangkanlah waktu untuk mengatur posisi kenyamanan anda sehingga dapat dimanfaatkan secara efektif. langkah ini dapat menghmat waktu dan tenagamu, terutama dalam menyelesaikan pekerjaan untuk itu pastikan hal-hal berikut.

  • Cukup tempat di mejamu untuk menata posisi nyaman untuk CPU, monitor, keyboard, mouse, printer.
  • Aturlah meja demi mempertimbangkan bagaimana perangkat itu digunakan. Perangkat yang paling sering digunakan seperti mouse, tempatkan pada posisi yang mudah dijangkau.
  • Aturlah pencahayaan ruang kerja secara optimal. Cahaya yang terlalu kuat mengakibatkan tampilan monitor tidak tajam, cahaya rendah bisa berpotensi menyebabkan gangguan pada mata kita. Hindari lampu yang menyorot langsung ke monitor . Usahakan posisi sejajar atau setahap dengan jendela
2. Kursi

          Kursi merupakan salah satu komponen penting di tempat kerja. kursi yang baik akan mampu memberikan postur dan sirkulasi yang baik akan membantu menghindari ketidak nyamanan, jika ingin memilih kursi pilihlah kursi yang ada penyangga punggungnya

3. Keyboard
          Sebagai perangkat input, perangkat ini mutlak diperlukan dan selalu kita pegang ketika kita bekerja dengan komputer. Untuk pemakian yang nyaman usahakan dalam posisi brikut.
a. Posisikan keyboard agar lengan dalam posisi relaks dan nyaman.
b. Gunakan keyboard yang dirancang untuk dapat diatur sesuai ukuran jari dan posisi lengan.

4. Mouse
          Tempatkan mouse dekat dengan keyboard sehingga kita dapat meraih dan menggunakannya tanpa harus meregangkan tangan ke posisi yang berbeda. Pertimbangan untuk menggunakan scroll-poinyt mouse, sehingga gerakan scorlling di layar dapat lebih mudah digunakan. pekerjaan di grafis sebaiknya menggunakan mouse jenis ini.

5. Monitor
          Posisi layar monitor diatur sedemikian rupa, untuk kenyamanan, atur monitor agar mata kita sama tingginya dengan tepi atas layar, sekitar 5-6 cm dibawah bagian casing monitor. monitor yang terlalu rendah mengakibatkan leher dan pundak nyeri.
          Aturlah posisi sehingga jarak kita dan monitor berkisar 50cm - 60cm. Jika monitor terlalu dekat dapat mengakinatkan mata tegang, cepat lelah, dan potensi gangguan penglihatan. Posisi monitor tepat lurus di depan kita, jangan sampai memaksa kepala menoleh untuk melihat layar, kemudian aga tengadahkan monitor sehingga bagian atas monitor sedikit kebelakang. 
          Atur  level brightness dan contras monitor senyaman mungkin. Jangan terlalu redup, jangan terlalu terang. Ketika kondisi cahaya diruanganmu berubah sesuaikan lagi brightness dan contrast monitor.
          bersihkan layar monitor secara periodik. Apabila kamu menemui kesulitan untuk melihat tampilan layar dengan jarak50-60cm, coba besarkan tampilan atau resolusi layar. Apabila resolusi layar 1024x768 terlalu kecil, ubah ke 800x600. juga atur warna dan ukuran font apabila perlu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar