Pasti blog saya gak rame ?

Senin, 14 Februari 2011

Materi kelas 9 : Pengertian Internet Service Provider

Perkembangan teknologi internet tidak lepas dari perkembangan dari bermunculannya perusahan-perusahaan internet service provider. Pengertian Internet Service Provider ialah sebuah perusahaan yang memiliki badan usaha dengan fokus usahanya adalah menjual sambungan internet dan beragam hal yang berhubungan dengan teknologi internet.
Selain itu pengertian internet service provider dapat juga disebut internet access provider (IAP) yaitu Sebuah perusahaan yang menyediakan layanan Internet atau ISP. Saat pertama kali kemunculannya Internet Service Provider menyediakan layanan koneksi dengan jaringan telepon. Contohnya adalah yang paling terkenal telkomnet instant dari perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia yaitu Telkom.
Perkembangan ISP di Indonesia
Perkembangan ISP di Indonesia dapat dilihat dengan bermunculannya ISP dengan menerapkan bukan hanya teknologi jaringan telepon untuk melakukan koneksi  internet kepada pelanggannya. Saat ini perkembangannya dapat menggunakan jaringan fiber optic dan wireless (internet tanpa kabel). Paling banyak teknologi jaringan internet menggunakan wireless ada di kota Denpasar bali.
Saat ini teknologi wireless sangat berkembang dengan pesat karena dikatakan teknologi “paling murah”. Selain dapat menghemat budget penggunaan kabel yang mahal harganya dan juga instalasinya. Teknologi wireless juga lebih baik dalam koneksi ke internet dari pelanggan menuju Internet Service Provider.
Tips Memilih Internet Service Provider
Berikut tips memilih internet service provider untuk Anda. Walaupun banyak bermunculan perusahaan ISP di Indonesia, ada baiknya Anda berhati-hati atau paling tidak memilih yang layanannya terbaik dan sesuai dengan kebutuhan Anda tentunya. Berikut pertimbangan-pertimbangan memilih ISP yang sesuai dengan kebutuhan berinternet di dunia maya .
1.  Perusahaan ISP Memiliki Pelanggan yang Jumlahnya Besar
Sebelum memutuskan menggunakan ISP dari perusahaan A, B,C atau D ada baiknya Anda melakukan browsing di internet untuk melihat data berapa jumlah pelanggan yang dimiliki masing-masing perusahaan ISP tersebut. Secara logika perusahaan ISP dengan jumlah pelanggan yang besar dan setia maka bisa dibilang memiliki pelayanan dan kualitas yang baik kepada pelanggannya.  
2.  Perhatikan Pelayanannya
Pengertian Internet Service Provider adalah memberikan pelayanan (service) kepada pelanggannya. Kemanakah Anda akan melapor saat internet mati atau ada gangguan. Kemudian bagaimana dengan teknologi yang digunakan apakah sangat kekinian. Ini akan erat kaitannya dengan kualitas koneksi internet yang akan digunakan.
3.  Adakah Sistem Redundancy

Sistem redundancy adalah sistem cadangan untuk melakukan koneksi apabila jaringan koneksi utama mati oleh sebab-sebab khusus. Misalnya ada gempa  bumi sehingga kabel fiber optic yang ada terputus. Lalu apa manfaatnya? Agar koneksi internet Anda tetap dapat tersambung apabila koneksi utama ada gangguan atau bahkan sampai putus.

4.  Perhatikan Harga yang Ditawarkan
Persaingan harga dengan banyaknya provider ISP memberikan keuntungan bagi pelanggan. Namun Anda harus selektif memilih harga dengan kecepatan bandwith yang ditawarkan. Jangan sampai harga murah namun sangat lambat koneksinya atau sangat mahal namun tidak sesuai dengan budget. Tentukan pilihan yang terbaik menurut kantong Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar